Manajer Teknis PSIR Rembang Maliki Nuruddin mengatakan, pihaknya telah merekomendasikan nama tujuh pemain kepada pengelola klub itu, PT Bina Putra Alam Persada, untuk segera diikat kontrak.

"Kami sudah melakukan penjajakan negosiasi kepada tujuh pemain yang menurut tim pelatih layak masuk skuad PSIR musim ini. Dari pembicaraan awal, mereka memang meminta pengelola klub untuk segera serius bernegosiasi," kata dia di Rembang, Jawa Tengah, Selasa petang.

Maliki mengungkapkan ketujuh pemain yang direkomendasikan untuk segera diikat kontrak tersebut merupakan pemain profesional berasal dari luar Kabupaten Rembang.

"Soal nama-namanya, kami mohon maaf belum bisa menyebutkan. Hanya, mereka ini adalah para pemain yang musim lalu berlaga di kasta tertinggi persebakbolaan Indonesia," katanya.

Ia menjelaskan rekomendasi segera disampaikannya ke pihak pengelola klub agar para pemain itu tidak pindah mengikuti seleksi di klub lain.

"Menurut kami dan tim pelatih, mereka (tujuh pemain) ini memang layak memperkuat PSIR musim ini," katanya.

Maliki juga sedang mempertimbangkan mengikat kontrak sebelas pemain lokal berasal dari Kabupaten Rembang, dan sebagian besar mereka telah membela PSIR pada musim 2010/2011.

"Ada 11 pemain lokal yang dinilai layak untuk memperkuat tim inti PSIR. Kami juga merekomendasikan lima pemain lokal untuk bisa magang di tim ini nantinya. Mereka (pemain lokal yang diusulkan magang) masih muda, namun memiliki talenta cukup untuk masa depan PSIR," katanya.

Ia menambahkan bahwa untuk sementara waktu, memang baru tujuh pemain yang direkomendasikan untuk segera diikat kontrak, sedangkan pemain lainnya akan segera dikontrak begitu kerangka tim sudah diputuskan pelatih.

"Untuk tiga pemain asing masing-masing Anderson Dasilva (Brasil), Victor Romero (Paraguay), dan Alfredo Cano (Argentina) sudah hampir pasti dikontrak. Kalau soal pemain asing pembicaraan sudah dilakukan langsung dengan pihak PT BPAP," katanya.

Asisten Pelatih PSIR, Haryanto, mengatakan ada sejumlah nama yang dinilai layak memperkuat skuad PSIR berlaga di Liga Profesional Level 1 musim 2011/2012.

"Mereka antara lain Mukti Ali Raja (penjaga gawang), Deni Tarkas (pemain belakang), Wahyu Setianto (pemain tengah), Satyo Husodo (striker), dan Basuki (striker)" katanya.

Ia mengatakan, para pemain itu sebelumnya membela berbagai klub yang berlaga di kancah tertinggi persebakbolaan nasional.

"Kami juga masih menanti kedatangan Striker PSS Sleman musim lalu, Lubis Syukur, dan eks pemain sayap PSIS, Valentino," katanya.

(Pujianto)